Sebagaimana sering saya ungkapkan bahwa menjadi pendidik adalah menjadi orang yang mulya. Pekerjaan mendidik adalah pekerjaan yang sangat terpuji. Tidak ada pekerjaan yang lebih berarti di dunia ini dibandingkan dengan pekerjaan menjadi pendidik. Jika dia ikhlas di dalam pembelajarannya, maka sangat mungkin bahwa pintu kepada hidup yang bercahayakan kebahagiaan di akherat kelak akan digapainya. Saya […]
Sebagaimana telah saya tulis sebelumnya Rekonstruksi Pendidikan Keguruan (2), maka sudah ada hal yang saya jelaskan, yaitu rekonstruksi kurikulum dan rekonstruksi sistem pembelajaran. Berikut ini akan saya tulis lanjutannya. Ketiga, rekonstruksi tanggung jawab profesi. Sebagaimana dijelaskan di dalam UU Guru dan Dosen, bahwa ada empat kompetensi yang harus dimiliki oleh guru dan dosen, yaitu kompetensi […]
Di dalam tulisan sebelumnya tentang Rekonstruksi Pendidikan Keguruan (1), sudah saya paparkan bagian pertama. Maka saya akan melanjutkannya di dalam tulisan ini. Kedua, rekonstruksi sistem pembelajaran. Selama ini sistem pembelajaran pada lembaga pendidikan yang menyiapkan tenaga pendidik adalah sama dengan pendidikan akademis pada umumnya. Artinya tidak ada perbedaan antara program studi kependidikan dengan program studi […]
Kata rekonstruksi memang sering menjadi wacana di era orde reformasi ini. Orang pada gandrung dengan istilah ini. Kita banyak dipengaruhi oleh kata social construction yang kemudian diteruskan ke dalam berbagai aspek, misalnya educational construction atau konstruksi pendidikan. Saya tahu bahwa ia telah menjadi madzab baru di dalam dunia pendidikan. Ia dimaksudkan sebagai pendidikan berbasis rakyat, […]
Saya ingin memperdalam tentang kanyataan empiris kualitas guru kita dan apa sesungguhnya faktor yang menjadi pemicunya. Saya kurang berani untuk menyebut mempengaruhinya sebab tulisan ini hanya sebuah commonsense saja dan bukan didasari oleh data yang valid dan reliable. Kemarin sudah saya tuliskan tentang dua aspek mendasar tentang kenyataan mengapa guru kita kurang atau belum berkualitas, […]