Prof. Dr. Nur Syam, M.Si

(My Official Site)

Archive for January, 2012

EKSELENSI OUTCOME PTAIN

Di antara hal penting terkait dengan keinginan merumuskan grand design PTAI adalah bagaimana menjadikan lulusan PTAI sebagai kelompok ekselen di dalam bidangnya. Untuk menghasilkan lulusan yang ekselen ternyata banyak terkait dengan faktor internal maupun eksternal yang saling mengkait. Sebagaimana yang sering saya ungkapkan bahwa dunia pendidikan itu sesuatu yang bersifat sistemik. Dia tidak berdiri sendiri […]

PROBLEM PENDIDIKAN ISLAM

Di dalam acara yang digelar oleh Kementerian Agama, dengan tema Reformulasi Pendidikan Islam yang Relevan dengan kebinekaan, saya sampaikan beberapa hal yang terkait dengan problem dan tantangan pendidikan Islam. Di dalam pembicaraan sering mendikbud, Prof. Mohammad Nuh menyatakan bahwa jika orang ingin masuk ke dalam masalah, maka masuklah di dalam dunia pendidikan, sebab di dalam […]

PROBLEM SISTEMIK PENDIDIKAN

Di dalam pandangan kaum positivistik, maka problem bisa disebabkan oleh faktor tunggal. Akan tetapi bagi kaum fenomenologik, maka problem pendidikan atau bahkan problem apapun tidaklah bisa tunggal akan tetapi bercorak sistemik. Yang satu dengan yang lain adalah saling mengkait dalam jaringan yang tidak saling terpisahkan. Saya memang mengikuti pandangan kaum fenomenolog yang melihat bahwa setiap […]

PENGEMBANGAN KUALITAS MANAJEMEN PENDIDIKAN

Semuanya memang bisa ditingkatkan, seperti pengembangan akses pendidikan, kualitas SDM dan juga kualitas sarana dan prasarana pendidikan. Akan tetapi yang tidak boleh dilupakan adalah peningkatan kualitas manajemen pendidikan. Oleh karena itu, keberhasilan pendidikan tentu juga disebabkan salah satunya oleh kehebatan manajemen pendidikan ini. Sebagai komponen penting di dalam pengembangan pendidikan, maka keberadaan manajemen pendidikan tentu […]

PENINGKATAN KUALITAS SARANA PENDIDIKAN

Saya termasuk orang yang menganut paham bahwa kualitas sarana dan prasarana pendidikan menentukan terhadap kualitas pembelajaran dan melalui kualitas pembelajaran yang baik, maka akan didapatkan kualitas outcome yang memadai. Bagi kebanyakan orang bahwa kemegahan dan kewibawaan sebuah lembaga juga ditentukan oleh seberapa baik kualitas bangunan fisiknya. Jika bangunan fisiknya baik, maka akan membawakan kewibawaan lembaga […]