• September 2021
    M T W T F S S
    « Mar    
     12345
    6789101112
    13141516171819
    20212223242526
    27282930  

Prof. Dr. Nur Syam, M.Si

(My Official Site)

KHIDMATNYA DOA AKHIR DAN AWAL TAHUN BARU HIJRIYAH

KHIDMATNYA DOA AKHIR DAN AWAL TAHUN BARU HIJRIYAH

Sebagai masjid baru, Masjid Al-Ihsan memang berupaya agar banyak kegiatan yang dilakukan oleh para penyelenggaranya atau ta’mir masjid. Jika selama ini tidak digunakan shalat jum’at, maka mulai bulan ini diselenggarakan shalat Jum’at. Lalu juga kegiatan tahtimul Qur’an dan ngaji malam hari yang diasuh oleh para Hafidz dan hafidzah Qur’an, dan kemudian menyongsong tahun baru Hijriyah 1442, maka juga diselenggarakan acara doa bersama, yang diikuti oleh warga Lotus Regency. Hadir Bersama kita, Prof. Abd. A’la dan Ketua RT (Pak Yudi) serta Ketua Ta’mir Masjid Al-Ihsan (Pak Rusmin) dan warga Perumahan Lotus Regency.

Tanggal 19 Agustus 2020 sebelum shalat jamaah Magrib dilakukan doa bersama untuk doa tutup tahun 1441 H dan ba’da magrib dilanjutkan dengan doa awal tahun 1442 Hijriyah. Sebelum acara doa awal tahun didahului dengan membaca Surat Yasin bersama-sama yang dipimpin oleh Ustadz Zamzami al Hafidz. Saya bersyukur bahwa acara ini berlangsung dengan khidmat dan penuh kesyahduan. Melalui doa yang diterjemahkan secara bebas dari doa akhir dan awal tahun, maka terasa bahwa doa itu berasal dari dalam hati.

Saya diminta oleh Ta’mir Masjid Al-Ihsan untuk memimpin doa dan memberikan sedikit pengantar, tentang makna doa ini. Tentu saja saya bacakan doanya di dalam bahasa Arab sesuai dengan doa yang dibaca oleh Nabi Muhammad saw, dan kemudian saya terjemahkan secara bebas sesuai dengan situasi dan kondisi kita sekarang ini. Doa itu saya rumuskan dengan bahasa yang sedikit puitis agar lebih menyentuh hati dan perasaan.

Setelah saya membacakan doa di dalam Bahasa Arab untuk doa akhir tahun, maka saya berdoa dalam Bahasa Indonesia dengan mengambil kata-kata kunci di dalam Bahasa Arab dimaksud. Doa dalam Bahasa Indonesia tersebut terangkum dalam ungkapan sebagai berikut:

  1. Ya Allah, Dzat yang Maha Pengampun, ampuni kesalahan, kekhilafan dan dosa-dosa yang pernah kami lakukan. Kami menyadari bahwa kami banyak sekali melakukan pelanggaran atas perintahmu, dan bahkan kami tidak sempat memohon ampunanmu setelah kami melakukannya. Oleh karena itu ampuni kami di akhir tahun ini atas kesalahan, kekhilafan dan dosa yang pernah kami lakukan.
  2. Ya Allah, Dzat Yang Maha menerima taubat. Kami menyadari bahwa kami belum sungguh-sungguh melakukan pertaubatan. Kami masih sibuk dengan urusan kami di dunia ini dan lupa melakukan taubatan nasuha. Oleh karena itu di akhir tahun ini kami melakukan pertobatan agar engkau ridloi.
  3. Ya Allah, Dzat yang Maha Baik, kami menyadari banyak amalan kebaikan yang kami lupakan. Banyak amalan kebaikan yang kami lalaikan. Banyak amalan kebaikan yang kami tunda melakukannya. Oleh karena itu, jadikan kami hambamu yang terus berupaya untuk berbuat baik.
  4. Ya Allah, Dzat yang Maha Bijaksana, kami menyadari bahwa kami selalu mengharap agar amalan-amalan baik yang kami lakukan engkau terima dan ridloi sehingga menjadi amalan yang mengantarkan kami ke jalan menuju surgamu.
  5. Ya Allah, Dzat yang Maha Kuasa, bimbinglah kami menuju jalanmu dan bimbinglah kami kepada jalan yang Engkau Ridloi. Ya Allah kami sungguh berharap agar kami warga Lotus regency dapat menjadi bagian dari umatmu yang selalu bertaqarrub kepadamu. Rabbana Atina fidu dunya hasanah wafil akhirati hasanah waqina adzaban nar. Amin.

Ba’da magrib acara dilanjutkan. Setelah selesai dzikir ba’da magrib, lalu membaca Surat Yasin dengan harapan Allah akan memberikan ampunan, keridlaan dan keselamatan. Lalu dilanjutkan dengan doa bersama. Setelah membaca doa dalam Bahasa Arab, maka kami menerjemahkannya secara bebas sesuai dengan konteks yang sedang terjadi. Doa tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Ya Allah, Dzat yang Maha Kekal. Dzat yang awal tanpa permulaan dan Dzat yang akhir tanpa penghabisan. Dzat yang Maha Agung dan keagunganmu tiada taranya. Ya Allah Engkau selalu menjadi harapan kami agar kami dapat terus melakukan kebaikan.
  2. Ya Allah yang Maha Pemberi. Pada hari ini kami memasuki tahun baru Hijriyah, 1442. Ya Allah kami sedang menghadapi banyak tantangan di tahun kemarin dan juga tahun ini. Kami memohon kepadamu ya Allah agar Engkau menghilangkan masalah kami, yaitu tersebarnya wabah penyakit Covid-19, yang membuat kami ketakutan. Ya Allah bahkan kami takut untuk beribadah di rumahmu, di masjidmu. Kami harus melakukan hal-hal yang tidak relevan dengan perintahmu di dalam shalat, dan bahkan di dalam pergaulan. Oleh karena itu Ya Allah hilangkan penyakit ini agar kami dapat kembali hidup yang normal sebagaimana tahun-tahun sebelumnya. Allahumma inna na’udzubika minar rihil ahmari wad damil aswad wadail akbar. Ya Allah jauhkan kami dari angin merah, penyakit yang berasal dari darah hitam dan penyakit yang berat.
  3. Ya Allah, Dzat yang Maha membimbing. Kami memohon kepadamu agar kami selalu Engkau bimbing ke dalam jalan kebenaran dan jalan kebaikan. Berikan kekuatan kepada kami agar kami dapat mengarahkan nafsu amarah kepada nafsu muthmainnah. Tunjukkah kami yang benar itu kebenaran dan yang batil itu kebatilan.
  4. Ya Allah bimbinglah kami dari godaan syaitan dan seluruh bala tentaranya, agar kami dapat mengindari melakukan perbuatan yang bertentangan dengan ajaran kebaikan yang Engkau wajibkan. Ya Allah hanya kepadamu kami meminta pertolongan dan perlindungan.
  5. Ya Allah, dekatkan hati kami kepadamu, dan bimbinglah kami dan seluruh keluarga kami, warga Lotus regency untuk selalu berada dan berjuang untuk mencapai kebenaran yang Engkau ajarkan.
  6. Ya Allah kabulkan doa-doa kami. Rabbana atina fid dunya hasanah wafil akhirati hasanah waqina adzaban nar, amin.

Wassalamu alaikum waramatullahi wabarakatuh.

 

Categories: Opini
Comment form currently closed..