Prof. Dr. Nur Syam, M.Si

(My Official Site)

SILABUS PERSPEKTIF ILMU DAKWAH

SILABUS PERSPEKTIF ILMU DAKWAH

PROGRAM PASCA SARJANA ILMU DAKWAH DAN KOMUNIKASI

UIN SUNAN AMPEL SURABAYA

 

Tujuan:

  1. Memberikan penjelasan dan pemahaman tentang berbagai perspektif ilmu dakwah dalam kerangka pengembangan keilmuan dakwah.
  2. Memberikan penjelasan dan pemahaman tentang program pengembangan keilmuan dakwah dalam kerangka untuk semakin memperkokoh posisi keilmuan daawah, terutama di masa yang akan datang.
  3. Memberikan penjelasan dan pemahaman tentang teori, metodologi dan program penguatan keilmuan dakwah.

 

Deskripsi mata kuliah.

  1. menyepakati tentang program pembelajaran melalui kontrak pembelajaran antara dosen dan mahasiswa. Di antara isi kontrak kerja tersebut ialah tentang penulian makalah, artikel untuk jurnal, terindeks internasional ataupun jurnal terindeks sinta Kemenristendikti, Jakarta.
  2. Menjelaskan dan memberikan pemahaman tentang pengertian paradigm, perspektif dan madzab-madzab dalam ilmu pengetahuan.
  3. Berbagai paradigm dalam ilmu sosial (fakta sosial, definisi sosial dan perilaku sosial) dan Antropologi (evolusionisme, fungsionalisme, interpretative dan kognitivisme)
  4. Berbagai paradigm di dalam ilmu komunikasi (paradigm mekanistik, interaksi simbolik, interpretif dan wacana)
  5. Paradigma dalam psikhologi (nativisme, berhaviorisme dan konvergensi)
  6. Review terkait dengan perkuliahan sebelumnya.
  7. Paradigm ilmu dakwah, obyek kajian dan metodologinya (paradigm factorial, paradigm system, paradigm developmentalisme, paradigm interpertif) dan obyek kajiannya serta metodologi yang melazimi berbagai paradigm tersebut (kuantitatif, kualitatif, dan action research)
  8. Pengembangan ilmu dakwah dikaitkan dengan KKNI, yang meliputi monodisipliner (program strata 1), interdisipliner (antar bidang) dan cross discipliner (lintas bidang) untuk (strata 2) dan multidisipliner (strata 3).
  9. Pengembangan ilmu dakwah interdisipliner dan crossdisipliner (sosiologi dakwah, komunikasi dakwah dan psikhologi dakwah)
  10. Diskusi dan pendalaman sesuai kertas kerja mahasiswa
  11. Diskusi dan pendalaman sesuai dengan kertas kerja mahasiswa
  12. Diskusi dan pendalaman sesuai dengan kertas kerja mahasiswa
  13. Review dan pendalaman
  14. Review dan pendalaman
Categories: Opini
Comment form currently closed..