• January 2025
    M T W T F S S
    « Dec    
     12345
    6789101112
    13141516171819
    20212223242526
    2728293031  

Prof. Dr. Nur Syam, M.Si

(My Official Site)

YANG MEMBANGGAKAN DARI PENDIDIKAN ISLAM (3)

Kali ini saya ingin mengulas tentang pesantren. Sebagai salah satu lembaga pendidikan tertua di Indonesia, saya kira tidak ada orang yang tidak mengenal pesantren. Pesantren telah memiliki peran penting, tidak hanya dalam pendidikan akan tetapi juga pada masa perjuangan bangsa Indonesia untuk merebut kemerdekaan.

Semenjak menjadi Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren yang berdiri sendiri, maka sudah banyak program yang dikembangkan oleh direktorat ini. Sebagai institusi yang mewadahi pendidikan diniyah dan pondok  pesantren, tentu saja banyak kegiatan yang digunakan untuk melakukan pertemuan dengan para kyai untuk pengembangan pesantren.

Pesantren sesungguhnya dikenal sebagai tembok depan untuk menyangga NKRI. Itulah sebabnya banyak pertemuan dengan tajuk “kebangsaan” yang diselenggarakan di pesantren. Pertemuan dimaksudkan sebagai upaya untuk melestarikan dan mengembangkan nilai-nilai kepesantrenan dan kebangsaan, dan kemudian dapat dijadikan sebagai acuan di dalam pengembangan dan pelestatian nilai kebangsaan bagi masyarakat luas.

Kyai adalah sumber spiritualitas dan penguatan pendidikan keislaman, makanya keberadaan kyai dengan segala tributnya dapat menjadi instrument yang sangat kuat di dalam pengembangan religiositas masyarakat. Kyai adalah mediator yang bisa menjadi penghubung antara pemerintah dan masyarakat. Itulah sebabnya, banyak program yang dilakukan pemerintah dalam kerjasamanya  dengan kyai dan pesantren dalam kepentingan pembinaan masyarakat.

Sebagai direktorat yang membidangi pengembangan pesantren dan masyarakat, maka tentu banyak program yang telah dikembangkan oleh direktorat pendidikan diniyah dan pondok  pesantren. Di antara yang monumental adalah program Pendidikan Terpadu Anak Harapan (dikterapan). Program ini dirancang untuk memberi kesempatan kepada anak-anak terlantar, anak jalanan dan anak-anak miskin untuk mengikuti pendidikan di pesantren. Program yang digagas oleh Menteri Agama, Suryadharma Ali ini telah mendidik tidak kurang dari 20.000 anak jalanan.

Yang tidak kalah penting adalah program pesantren kewirausahaan. Program ini didesain untuk mengembangkan pesantren agar ke depan bisa menjadi lembaga pendidikan plus. Selain mempelajri aneka kitab kuning, maka pesantren juga mengajarkan semangat kewirausahaan. Ada banyak contoh pesantren yang telah mengembangkan jiwa entrepreneurship, misalnya Pesantren Darul Falah, Pesantren Darun Najah, Pesantren Sunan Drajat, Pesantren Sidogiri Pasuruan dan sebagainya. Pesantren Sidogiri terkenal dengan usaha koperasinya yang luar biasa.  Pesantren Sunan Drajat telah mengembangkan produk pupuk untuk ekspor ke Korea Selatan dan Jepang, produk garam beryodium, produk minuman kesehatan, dan sebagainya.

Selain itu juga terdapat program pesantren lingkungan. Program ini didasarkan atas keinginan ntuk mengembangkan pesantren agar memiliki kepedulian dengan penataan dan pelestarian lingkungan. Pesantren ini didesain untuk mengembangkan budaya lingkungan yang baik. Di antara program yang dikembangkan adalah daur ulang barang-barang bekas untuk menjadi produk unggulan. Produk sampah untuk keset, produk bahan bekas untuk kebutuhan produktif dan sebagainya. Pesantren Ciwedai adalah contoh pesantren yang mengembangkan lingkungan dengan programnya yang sangat baik.

Ada banyak pesantren yang telah mengembangkan pendidikan dengan program dwi bahasa. Misalnya adalah pesantren Asiddiqiyah. Pesantren ini telah mengajarkan program bahasa Arab dan bahasa Inggris. Demikian pula pesantren Tebuireng, Pesantren Lirboyo, dan sebagainya. Selain mengajarkan pendidikan berbasis kitab kuning, juga mengajarkan pendidikan berbasis bahasa internasional. Melalui pendidikan berbasis bahasa yang unggul, maka para santri akan dapat memiliki kemampuan di dalam menatap kehidupan secara lebih baik.

Yang juga membanggakan adalah pesatren muadalah. Di masa lalu, penyelenggaraan pesantren muadalah  tidak memiliki dasar hukum yang memadai. Namun demikian dengan telah dikeluarkannya PMA Nomor 18 Tahun 2014 tentang Satuan Pendidikan Muadalah Pada Pondok Pesantren yang secara khusus terkait dengan pendidikan muadalah, maka keraguan tentang penyamaan lulusan pesantren dengan pendidikan formal telah usai.

PMA ini sudah disusun dalam waktu yang sangat lama dan baru saja bisa diselesaikan. Artinya, bahwa dengan dikeluarkannya PMA ini, maka penyelenggaraan pendidikan pesantren muadalah telah memperoleh status yang makin absah. Para kyai menjadi lega sebab penantian sejauh ini telah terjawab. Dan dengan PMA ini, maka mereka yang mondok selama 6 tahun dengan belajar ilmu agama akan memperoleh status disamakan dengan lulusan Madrasah Ibtidaiyah. Jika mereka menambah 3 tahun, maka setara dengan lulusan Madrasah Tsanawiyah, dan jika menambah lagi dengan 3 tahun, maka akan setara dengan lulusan Madrasah Aliyah. Rasanya, terbitnya PMA ini adalah berkah terendiri bagi pesantren.

Para santri bukanlah anak yang selalu berada di belakang. Ternyata bahwa melalui Program Bantuan Siswa berprestasi (PBSB), para santri yang diseleksi untuk memasuki pendidikan di PTU, ternyata juga luar biasa. Para santri yang selama ini sering dicap sebagai terbelakang, ternyata anggapan tersebut salah. Mereka yang lulus ke ITB, UI, ITS, UA, UNY, IPB, UNJ, UPI dan sebagainya ternyata menempati rangking unggul. Tidak disangka bahwa mereka unggul dalam hasil belajar di Fakultas Kedokteran UI. Sungguh hal ini merupakan kebanggaan kita semua. Tidak hanya pesantren yang mengirimnya, akan tetapi juga masyarakat Indonesia.

Geliat pesantren untuk mengembangkan pendidikan umum juga luar biasa. Makanya, banyak dijumpai pesantren yang menyelenggarakan pendidikan seperti SMP, SMA dan  SMK bahkan juga mengembangkan pendidikan tinggi seperti universitas. Pesantren Darul Ulum Jombang telah memiliki universitas, Pesantren Tebuireng juga memiliki universitas, Pesantren Bahrul Ulum juga memiliki universitas dan lain-lainnya.

Dari pesantren sesungguhnya akan dilahirkan generasi seperti Ibn Khaldun, Ibn Rusyd, Ibn Sina, al Khawarizmi, Al Ghazali, atau yang lain seperti Imam Syafii, Imam hanafi, Imam Hambali, Imam Maliki  dan sebagainya. Jika pesantren tetap mempertahankan pendidikan kitab kuningnya, lalu memadukannya dengan pendidikan sains dan teknologi, maka ke depan akan dihasilkan generasi emas Indonesia tahun 2045 yang unggul, kompetitif dan berkarakter Islami.

Wallahu a’lam bi al shawab

Categories: Opini