• November 2024
    M T W T F S S
    « Oct    
     123
    45678910
    11121314151617
    18192021222324
    252627282930  

Prof. Dr. Nur Syam, M.Si

(My Official Site)

IAIN SA PUN BISA JUGA PEROLEH ISO 9001

Hari ini, 12/01/2012, IAIN Sunan Ampel memperoleh pengakuan internasional tentang pelayanan akademik berbasis IT bertepatan dengan pelaksanaan acara Start Up Work Shop yang diselenggarakan untuk menandai pelaksanaan program Loan IDB bagi IAIN Sunan Ampel.
Penyerahan sertifikat ISO 9001 tahun 2008 ini juga menandai era baru pelayanan akademik berbasis IT yang sudah dikembangkan IAIN Sunan Ampel beberapa tahun sebelumnya. Saya bersyukur bahwa pengembangan ICT di IAIN Sunan Ampel ternyata adalah kebijakan yang tepat dan memiliki manfaat yang luar biasa.
Melalui pengembangan ICT tersebut, maka pengakuan dari Webometrics juga singgah di IAIN SA. Bahkan IAIN SA meretas sejarah baru sebagai PTAIN pertama dibawah Kementerian Agama yang menerima pengakuan sebagai World Class University (WCU) berdasarkan peringkat website yang dikelolanya. Pada tahun 2010 pertama kali IAIN SA memasuki WCU dan baru tahun-tahun terakhir ini kemudian beberapa UIN memperolehnya.
Berdasarkan ranking Webometrics pada bulan Juli 2011, maka diketahui bahwa ranking IAIN SA berada di peringkat 3556 pada peringkat dunia, ranking 923 pada peringkat regional Asia dan ranking 38 pada peringkat nasional. Gambaran dari data ini adalah betapa IAIN SA yang semula tidak dikenal orang sebagai lembaga pendidikan tinggi, tetapi melalui usaha yang memihak kepada pengembangan, maka ternyata memperoleh hasil yang sangat memadai.
Sebuah kebanggaan saya kira bahwa IAIN SA yang selama ini dilihat orang dengan sebelah mata ternyata bisa juga menembus ketatnya persaingan di peringkat Webometrics, sebagai salah satu tolok ukur WCU. Melalui kebijakan yang tepat dan fungsional ternyata kita bisa juga meraih penghargaan internasional tersebut.
Pelayanan di era sekarang adalah pelayanan prima berbasis pada kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan akan bisa diukur dengan seberapa banyak orang merasa puas dengan pelayanan yang bisa diberikan oleh lembaga. Di dalam hal ini, maka semua komponen lembaga pendidikan tinggi harus dapat memberikan pelayanan prima untuk kepentingan kepuasan pelanggan.
Jika menggunakan ukuran yang lebih eksak tentang kepuasan pelanggan tersebut, maka dapatlah dilihat dari sisi kesesuaian antara apa yang dilayankan dengan proses dan produk pelayanan yang dirasakan oleh pelanggan. Perguruan tinggi sebagai pemangku jasa layanan kepada masyarakat di bidang pendidikan, maka tolok ukurnya adalah manakala para lulusannya dan pengguna jasa pendidikan tersebut puas dengan layanan pendidikannya.
Perolehan ISO 9001 tahun 2008 adalah pengakuan internasional tentang kualitas layanan berbasis proses dan produk akademik. Semuanya tentu saja tidak datang dengan tiba-tiba, akan tetapi melalui kerja keras dan kerja sama. Oleh karena itu, kesuksesan untuk meraih sertifikasi ISO ini adalah keberhasilan bersama. Ia adalah keberhasilan kolektif.
Dengan keberhasilan memperoleh pengakuan internasional ini, maka tentunya kita harus semakin bekerja keras. Makanya, tidak ada kata yang pantas didengungkan kecuali kerja, kerja, kerja. Bukan hanya kerja akan tetapi adalah kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas.
Jika kita bisa melakukannya, maka saya berkeyakinan bahwa ke depan kita akan leading dibanding dengan lainnya.
Wallahu a’lam bi al shawab.

Categories: Opini