• October 2022
    M T W T F S S
    « Sep    
     12
    3456789
    10111213141516
    17181920212223
    24252627282930
    31  

Prof. Dr. Nur Syam, M.Si

(My Official Site)

RENUNGAN WARGA TENTANG KEMERDEKAAN INDONESIA (2)

RENUNGAN WARGA TENTANG KEMERDEKAAN INDONESIA (2)

Prof. Dr. Nur Syam, MSi

Kemerdekaan bangsa bukan hanya milik segelintir orang tetapi milik bersama, seluruh masyarakat Indonesia. Kemerdekaan merupakan usaha bersama dari seluruh rakyat Indonesia yang memang sangat menderita di dalam sistem penjajahan Belanda maupun Jepang. Belanda menjajah Indonesia dalam kurun waktu yang sangat lama kira-kira 3,5 abad meskipun tidak semua wilayah Indonesia dijajah oleh Belanda, sedangkan Jepang menjajah Indonesia dalam waktu 3,5 tahun saja.

Itulah sebabnya dalam rangka memeringati kemerdekaan Indonesia, tanggal 17 Agustus seluruh masyarakat Indonesia melakukan serangkaian kegiatan mulai dari acara tradisional, misalnya lomba balap karung, lomba memasukkan paku dalam botol, lomba memakai gapyak bareng-bareng, lomba membawa kelereng di atas sendok menggunakan mulut sampai lomba memanjat pinang atau jambeyan dan bahkan juga lomba baca Alqur’an, serta lomba volley dan basket. Itu pula yang dilakukan oleh warga RT Perumahan Lotus Regency Ketintang Surabaya, 17 Agustus 2022.

Pada malam hari, Rabo malam,  lalu diadakan renungan dan doa bersama seluruh warga RT Perumahan Lotus Regency. Hadir pada acara ini, Ketua RW, Ketua RT, Ketua Ta’mir masjid dan warga Perumahan Lotus Regency dan juga jamaah Masjid Al Ihsan Perumahan Lotus Regency Ketintang Surabaya. Saya ditunjuk untuk memberikan renungan dan juga memimpin doa bersama. Berikut ini adalah doa yang saya baca di dalam acara dimaksud:

Ya Allah Ya Tuhan kami, kami bersyukur atas kenikmatan yang Engkau berikan kepada kami. Kenikmatan kesehatan, kenikmatan kesejahteraan, dan kenikmatan kemerdekaan. Kami sangat bersyukur atas kenikmatan yang Engkau berikan ini. Tanpa kemerdekaan, maka bangsa ini akan tetap berada di dalam kehinaan dan tanpa kehormatan. Bahkan tanpa kesejahteraan dan kebahagiaan.

Ya Allah Ya Rahman Ya Rahim, Wahai Dzat Yang Maha Kasih dan Sayang. Kasihilah dan sayangilah bangsa Indonesia dengan kasih sayang yang menyelimuti kehidupan kami, janganlah cabut kasih sayang itu dari dada kami. Berikan kasih sayang-MU yang menyelimuti seluruh alam semesta. Melalui kasih sayang itu maka bangsa ini dapat merajut kerukunan, keharmonisan dan keselamatan. Melalui kasih sayang-Mu maka bangsa ini dapat bersatu dalam perbedaan dan berbeda dalam persatuan.

Ya Allah Ya Karim, muliakanlah bangsa kami, bangsa Indonesia. Muliakanlah bangsa ini sebagaimana Engkau telah menjadikan bangsa-bangsa mulia di masa lalu. Janganlah Engkau cabut kemuliaan itu dalam kehidupan bangsa kami. Muliakanlah bangsa ini dengan semakin menguatnya akhlakul karimah dan semakin menjauhi akhlak yang madzmumah. Ya Allah hanya Engkau yang bisa memberikan kemuliaan kepada bangsa kami  melalui  karunia kemerdekaan yang Engkau berikan.

Ya Allah, Ya Qawi. Wahai Dzat yang Maha kuat. Kuatkanlah ikatan solidaritas dan harmoni bangsa kami. Tunjukkan kepada kami bahwa kekuatan bangsa Indonesia terletak pada adanya rasa ikatan solidaritas dan harmoni. Jauhkan kami dari keinginan untuk memecah belah bangsa kami. Kuatkan dan eratkan rasa kebangsaan kami, agar kami akan terus dapat bekerja untuk membela bangsa ini dan juga bekerja untuk kesejahteraan kami. Ya Allah Engkau Dzat yang Maha Kuat, dan kuatkan hati kami untuk bersama-sama dalam membangun bangsa kami.

Ya Allah, Ya  Lathif, Ya Allah lemah lembutkan hati kami, berikan kepada kami sikap dan perbuatan yang terus menjunjung tinggi kesopanan dalam tutur kata, sikap dan perbuatan. Ya Allah jangan Engkau berikan kepada kami, rasa permusuhan yang disebabkan oleh rasa iri, dengki, dan kemarahan. Sebagai bangsa yang merdeka, Ya Allah, kami ingin agar persatuan dan kesatuan bangsa ini terus terjaga dengan saling asah asih dan asuh, saling menghargai dan menghormati, dan jangan timpakan kepada kami hati yang sombong, merasa benar sendiri, saling membenci  dan saling mencaci. Ya Allah jadikan bangsa ini memiliki marwah dan harga diri dengan kelembutan tutur kata, sikap dan perbuatan.

Ya Allah, Ya Ghaffar, ampunilah kami, orang tua kami, tetangga kami, warga seluruh RT dan RW kami, ampunilah bangsa Indonesia, ampunilah para pemimpin bangsa kami. Tunjukkan kepada kami jalan terbaik dan jauhkan kami dari jalan yang jelek. Sadarkanlah kami semua agar terus beristighfar memohon ampun kepada-Mu Ya Allah. Kami menyadari bahwa kami adalah orang yang berada di dalam kekurangan, kesalahan dan kekhilafan. Oleh karena itu berikan ampunan-Mu ya Allah karena Engkau adalah Dzat yang memberikan ampunan.

Ya Allah,  Ya Mujibas Sailin, Wahai Allah Dzat yang mengabulkan doa. Kabulkanlah doa dan permohonan kami. Doa yang dilantunkan dengan kesungguhan dan permohonan yang mulia, serta dengan keikhlasan. Kami semua berharap bahwa kami akan terus menjaga pilar kebangsaan yang telah diwariskan oleh leluhur kami, para pendiri bangsa ini. Kuatkan mental kami  agar terus menjaga Pancasila sebagai Dasar Negara, UUD 1945, NKRI dan kebinekaan. Kami ini terdiri sangat beragam suku bangsa, bahasa dan budaya. Pertautkan hati kami agar bisa menjaga negara ini sesuai dengan petunjuk-Mu dan ajaran agama-Mu. Ya Allah kabulkan doa dan permohonan kami.

Rabbana atina fid dunya hasanah, wa fil akhirati hasanah wa qina adzaban nar, wa adkhilnal jannata ma’al abrar ya Aziz ya Ghaffar Ya Rabbal alamin.  Walhamdu lillahi rabbil alamin. Alfatihah….

Wallahu a’lam bi al shawab.

Categories: Opini
Comment form currently closed..