• July 2021
    M T W T F S S
    « Mar    
     1234
    567891011
    12131415161718
    19202122232425
    262728293031  

Prof. Dr. Nur Syam, M.Si

(My Official Site)

SOAL UJIAN SOSIOLOGI ISLAM

SOAL UJIAN SOSIOLOGI ISLAM

  1. Agar jawaban dikirim ke email: nursyamtuban2018@gmail.com
  2. Jawaban bersifat individual.
  3. Jawaban paling akhir dikirim ke email pada Rabo, 27 Januari 2021 jam 22.00 WIB
  4. Komponen penilaian terdiri dari responsi dalam perkuliahan, tugas makalah dan jawaban atas soal ujian ini.
  5. Selamat bekerja.

 

Soal ujian:

  1. Apakah yang saudara ketahui tentang sosiologi muslim atau sosiologi Islam, berikan jawaban singkat tetapi memenuhi kriteria yang standart: apa batasannya, apa paradigmanya, apa metodologinya dan teori-teori yang bisa digunakan.
  2. Apa yang dimaksud dengan what is religion dan what does religion do for others. Jelaskan dengan contoh-contoh yang relevan.
  3. Benarkah bahwa masyarakat Indonesia semakin religious, buktikan dengan hasil-hasil survey yang dilakukan oleh Lembaga-lembaga yang kredibel, namun religiusitas tersebut cenderung lebih fundamental. Jelaskan juga dengan data-data yang saudara ketahui.
  4. Ada pandangan yang menyatakan bahwa masyarakat Indonesia beruntung sebab mayoritas masyarakatnya beragama dengan cirinya yang moderat. Jelaskan apa yang dimaksud dengan moderasi beragama dan apa ciri-cirinya yang saudara ketahui. Berikan juga contoh berbasis pada data yang saudara ketahui tentang Gerakan moderasi beragama tersebut.
  5. Pemerintah telah membubarkan HTI, sebagai konsekuensi atas pandangannya tentang negara. Jelaskan hubungan antara agama dan negara dalam pandangan FPI dan bagaimana pandangan organisasi Islam besar seperti Muhammadiyah dan NU. Jelaskan secara mendalam.
  6. Banyak orang yang membela FPI mengapa dibubarkan oleh pemerintah. Mereka menyatakan bahwa Gerakan FPI adalah Gerakan amar ma’ruf dan nahi mungkar. Bagaimana pandangan saudara tentang Tindakan pemerintah tersebut, apakah kesalahan, keharusan atau tidak jelas alasannya.
  7. Dewasa ini sedang terjadi menjadikan agama sebagai komoditas yang disebut sebagai komodifikasi agama. Jelaskan apa saja yang bisa dikomodifikasikan dari agama tersebut dan bagaimana pandangan saudara tentang komodifikasi agama, apakah agama bisa dikomodifikasikan. Jelaskan alasannya berbasis pada dalil naqli dan aqli.

 

Categories: Opini
Comment form currently closed..